Mempercantik Rumah Kost dengan Taman Vertikal

PengusahaKost.com – Mempercantik Rumah Kost dengan Taman Vertikal. Di artikel kali ini kita akan masih membahas soal desain pada salah satu sisi rumah kost kita. Di sini kita akan sedikit membahas tentang pembuatan taman vertikal. Sering disebut juga dengan vertical landscape, vertical garden, living wall ataupun greenwall. Taman vertikal merupakan tipe taman yang desain pembangunannya tegak lurus dan umumnya menempel pada dinding.

Mempercantik Rumah Kost dengan Taman Vertikal

Tak hanya berada di bagian dinding luar, keberadaan taman vertikal ini bisa juga dibuat pada bagian pagar, di dalam ruang, atap gedung, ataupun tempat manapun yang sekiranya pas menurut anda. Material dasar penyusunnya meliputi pipa paralon, rak, batu bata, panel, kantong, modul dan lainnya.

Nah, untuk membuat taman vertikal anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini :

Varian Tanaman
Umumnya, jenis tanaman yang sering dipilih untuk mengisi taman vertikal adalah jenis tanaman yang bisa merambat atau pun menjuntai ke bawah. Lili paris, adiantum (suplir), phytonia, kadaka, bromelia, tanduk menjangan, pakis boston, sirih gading adalah yang jenis yang cocok.

Untuk Media Tanam
Jenis material media tanam yang baik untuk taman vertikal adalah sekam, cocopeat, pumice, rumput laut, perlite dan lain-lain. Atau bisa juga material lain yang sekiranya ringan, murah dan sesuai dengan mood anda.

Memilih Komposisi Tanaman
Jika memungkinkan, sebaiknya anda menanam lebih dari satu tipe tanaman agar taman vertikal anda terlihat makin cantik. Sesuaikan dengan luas dinding yang tersedia.

Penyiraman
Untuk penyiraman pada taman vertikal anda, anda bisa memilih untuk menyiram secara manual ataukah non manual. Yang manual adalah dengan cara seperti biasanya, yakni setiap pagi dan sore anda menyiram satu per satu setiap tanaman tersebut. Jika yang non manual, anda bisa mengatur selang air yang diatur sedemikian rupa, sehingga setiap pagi dan sore kita tinggal menghidupkan listrik, lalu air akan menyemprot sendiri.

Semua adalah alternatif saja untuk menjadikan rumah kost milik anda semakin cantik pasca penghuni kost anda balik ke kampus setelah menghabiskan waktu berlibur akhir tahun. Tentu, saat mereka balik dan mendapati rumah kost-nya makin asri saja, dijamin betah dan tidak ada masalah jika saja naik harga sewanya.

Simak terus pengusahakost.com untuk mendapatkan banyak informasi bisnis kost.

 

Leave a Reply