Menilik Prospek Bisnis Kost di Indonesia

SewaKost.com – Anda salah satu orang yang tinggal di dekat tempat potensial usaha seperti kampus, pabrik atau kantoran? Jika iya, jangan sia – siakan peluang untuk membangun bisnis usaha sewa kost. Mengapa demikian?

Menilik Prospek Usaha Sewa Kos

Ya, karena saat ini semua bisnis yang berhubungan dengan rumah seringkali dianggap sebagai bisnis yang begitu empuk untuk dijajal gurihnya. Apa pasal? Anda bayangkan, hanya dengan bermodalkan rumah tempat tinggal kita saat ini maka bisnis ini sudah dapat kita jalankan sendiri. Soal hasilnya jangan tanya, sudah tentu begitu menggiurkan.

Jika masih belum terlalu yakin mengenai prospek bisnis sewa kost ini, tim SewaKost.com akan membahasnya di artikel ini.

Berikut ini dua sisi kekurangan dan kelebihan dari bisnis kost yang selama ini kami geluti :

Keuntungan Bisnis Kost

Pertama, adanya tingkat permintaan (atau demand) pada rumah kost yang masih tergolong tinggi. Apalagi jika anda berada di kawasan-kawasan yang strategis tadi seperti pusat belanja, kampus, perkantoran, atau juga retail center.

Dari dulu hingga saat ini para mahasiswa lebih memilih untuk tinggal di area yang dekat dengan kampus. Tentu saja rumah kost menjadi pilihan utama mereka lantaran harga sewanya yang lebih murah dibandingkan dengan mengontrak rumah. Selain para mahasiswa, karyawan dan juga penjaga toko yang aktif bekerja di pusat-pusat perbelanjaan ataupun perkantoran juga menjadi pangsa pasar yang patut diperhitungkan dalam menjalankan bisnis kost.

Kedua adalah capital gain dari rumah kost bisa didapatkan dalam waktu yang agak panjang (yakni mencapai lebih dari masa lima tahun). Ketimbang investasi berbentuk tanah kosong atau rumah sewa, maka capital gain untuk rumah sewa kost ini pada umumnya lebih tinggi.

Ketiga yakni mengenai capital rate-nya (Cap-rate) bisnis sewa kost yang mampu mencapai  hingga 5% – 7%. Jika dibandingkan rumah sewa, cap rate pada bisnis rumah kost lebih tinggi. Hal ini tidak lain disebabkan karena bisnis kost juga melibatkan beberapa jenis servis lain untuk si penghuni. Jasa-jasa tersebut meliputi jasa mencuci dan juga setrika, ataupun ‘manajer’ yang bisa membatasi jam berkunjung (ini biasanya diterapkan pada rumah kost yang khusus wanita).

Kekurangan Bisnis Kost

Berikut ini adalah kekurangan dari bisnis sewa kost yang perlu anda ketahui untuk diantisipasi. Pertama adalah keharusan bagi si pemilik rumah untuk mengelola kost atau menyediakan pengelola kost. Pengelolaan kost dimulai dari membersihan kost, mencuci pakaian, lalu menyetrika, memasakkan makanan, hingga mengatur jam kunjungan malam. Kesemuanya perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari si pemilik. Kadang, si pemilik kost sampai harus menggaji orang secara khusus untuk melayani dan sekaligus mengawasi para penyewanya.

Kedua adalah perihal pembayaran bulanan yang kadang tersendat. Ini hal yang kerap terjadi dan lumrah. Karena pada umumnya si penyewa rumah kost rata – rata adalah seorang mahasiswa yang belum berpenghasilan sendiri ataupun seorang pegawai toko yang gajinya tak terlalu banyak.

Ketiga adalah keberadaan rumah kost tak akan diminati lagi jika pihak kampus atau pusat perbelanjaan di sekitar rumah kost pindah atau tutup. Namun hal ini sangat jarang terjadi. Oleh karenanya, investasi dalam bentuk rumah kost tetaplah menjadi sebuah pilihan yang cukup aman bagi anda saat ini. Selamat mencoba.

Leave a Comment