Modal yang Diperlukan Dalam Memulai Usaha Sewa Kost

SewaKost.com –  Soal Modal Dalam Memulai Usaha Sewa Kost. Jika di artikel sebelumnya tim SewaKost.com sudah membahas mengenai tips anti gagal memulai usaha sewa kost, maka di artikel ini kami akan membahas sedikit lebih detail tentang modal dalam usaha kost. Semoga bisa memacu anda untuk segera memulai usaha kost dan berhenti memikirkan hal-hal yang menghalangi Anda untuk memulai bisnis menggiurkan ini.

Soal Modal Dalam Memulai Usaha Sewa Kost

Dalam memulai usaha, setiap orang pasti memiliki hambatan yang sama dalam dua hal. Yakni mental block dan modal yang minim. Hambatan yang pertama yaitu mental block bisa dihilangkan sedikit demi sedikit dengan cara meningkatkan motivasi dalam diri. Caranya adalah dengan rajin mengikuti seminar atau workshop dengan tema yang relevan, mencari referensi mengenai bisnis sewa kost di berbagai judul buku, ataupun dengan berkunjung dan bertanya langsung kepada praktisi bisnis sewa kost yang berada di dekat tempat tinggal anda. Jika mental block tersebut sudah berhasil di atasi, maka bersiap-siaplah untuk beranjak ke fase kedua yakni soal modal.  

Ya, modal selalu menjadi penghalang bagi kebanyakan pengusaha kost dan alasan utama untuk menunda-nunda memulai bisnis ini. Membahas mengenai modal yang minim ini, ada bebarapa cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikannya. Setiap pengusaha tentu memiliki pakem prinsipnya masing-masing dalam mendapatkan modal. Akan tetapi ada dua kutub besar, yakni modal yang berasal dari keluarga, kawan atau investor yang sudah saling trust dan modal dari bank berupa pinjaman dengan jangka waktu tertentu.

Jika memilih opsi pertama yakni modal dari keluarga, kawan maupun investor, pastikan uang yang dipakai adalah uang yang ‘menganggur’ dalam jangka waktu yang lama dan telah sepakat dengan apapun kondisi bisnis sewa kost ini di masa yang akan datang. Jika dari bank, maka pastikan bunga atau imbalan yang diminta oleh pihak bank tidak terlalu membebani keuangan anda.

Nah, jika sudah mendapatkan dana, anda bisa mulai dengan cara membeli sebidang tanah atau lahan. Namun akan lebih baik bila telah berupa bangunan, sehingga bisa menekan pengeluaran Anda.

Pilih dan ambil program KPR. Jika dirasa masih terlalu lama lunasnya, bisa juga mengambil utang usaha dalam tempo jangka pendek yang jaminannya adalah sertifikat dari lahan yang akan anda beli tersebut. Apakah bisa? Ya, bisa sekali.

Terlihat masih berat ya? Yang perlu diingat adalah berat di waktu sekarang tidak masalah, asalkan lancar dalam membayar cicilan per bulan dan pemasukan dari sewa kost semakin naik dari tahun ke tahun.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan peluang bisnis dari usaha lain yang kiranya bisa juga digabung agar semakin menambah income bulanan, semisal usaha berikut ini :

  1. Menyediakan servis jasa laundry kepada penghuni kost
  2. Menyediakan servis jasa katering makanan sehari – hari untuk penghuni kost
  3. Membuka usaha warnet mini ataupun area wifi berbayar bulanan
  4. Membuka warung kelontong yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari yang meliputi sabun cuci, sabun mandi, susu, gula, kopi hangat, teh, buku tulis, pulsa, dsb.

Demikian perihal mengatasi minimnya modal dalam memulai usaha sewa kost. Semoga bermanfaat bagi anda untuk memulai.

Leave a Comment