Perhitungan Investasi Tanah dengan Sewa Kost

SewaKost.com – Perhitungan Investasi Tanah dengan Sewa Kost. Investasi apapun saat ini, keuntungannya begitu menjanjikan. Akan tetapi bagi anda yang akan berinvestasi, musti jeli juga dalam melihat sisi kelebihan dan kekurangan dari investasi yang akan dipilih. Prinsipnya, jangan sampai membeli kucing di dalam karung.

Perhitungan Investasi Tanah dengan Sewa Kost

Nah, kali ini kita akan membahas perihal investasi tanah dengan sewa kost. Dari keduanya, manakah yang lebih menguntungkan? Mari kita simak.

Jika ingin investasi tanah, maka anda harus memastikan bahwa legalitas dari tanah kavling yang dimaksud tersebut sudah free, clean, dan juga clear.

Sisi free artinya bahwa tanah tersebut bebas potensi sengketa. Yang mana nama dari pemilik sudah sesuai dengan apa yang tertera di sertifikat. Sisi clean berarti bahwa di tanah tersebut tidak tengah dipakai untuk kegiatan lain selain yang anda inginkan. Sementara itu untuk sisi clear, artinya bahwa untuk soal ukuran tanah telah tepat dan tidak ada masalah, persis sama dengan yang tertera serta sangat cocok dengan batas-batasnya.

Keuntungan Investasi Tanah
Pertama, dari segi biaya. Untuk perawatan pada tanah kosong biayanya tergolong masih kecil. Pada sebidang tanah yang kosong, memanglah tak memerlukan banyak ongkos untuk pemeliharaan. Berbeda jika itu adalah properti yang berupa bangunan, seperti misalnya rumah, toko, ruko, kantor, ataupun kios.

Kedua, adalah soal capital gain yang sifatnya jangka panjang (biasanya lima tahun lebih).

Ketiga, adalah nilai tambah apabila lahan tadi dikembangkan secara ekonomi. Saat ini telah banyak ditemukan pola pengembangan perumahan skala kecil dalam bentuk seperti cluster. Ini bisa juga anda lakukan jikasaja lahan tersebut tergolong strategis, atau bisa juga dijadikan sebuah ruko.

Sisi Kekurangan
Pada lahan kosong, umumnya tak menghasilkan income apapun. Beda sekali apabila anda berinvestasi dalam wujud rumah ataupun ruko yang bisa untuk disewakan.

Itu tadi jika anda memilih untuk berinvestasi tanah. Sementara itu jika anda memilih untuk investasi dalam wujud sewa kost, berikut ini adalah sisi kelebihan dan kekurangannya :

Sisi Kelebihan

Pertama, tingkat permintaan untuk bisnis sewa kost masih tinggi hingga saat ini. Ditambah dengan semakin luasnya area perkotaan, pabrik atau kantoran yang mendukung bisnis sewa kost ini.

Kedua adalah tentang capital gain dari rumah kost yang jangka waktunya agak panjang dan lebih tinggi.

Ketiga adalah soal capital rate-nya (cap-rate) dari bisnis sewa kost yang bisa mencapai  sampai dengan 5% – 7% ketimbang investasi tanah.

Sisi Kekurangan

Jika tadi adalah sisi kelebihan dari bisnis sewa kost, maka berikut ini adalah sisi kekurangannya.

Pertama adalah wajib bagi pemilik rumah kost mengelola seisi kost ataupun menyediakan pengelola. Berbeda apabila anda berinvestasi tanah.

Kedua adalah soal pembayaran yang bisa lancar, bisa juga tersendat-sendat. Tinggal manajemen dari anda selaku pengelolanya. Ini adalah hal yang lumrah.

Ketiga adalah perihal tak lagi diminatinya rumah kost jika kantor, pabrik atau mall tutup dan pindah. Walau hal ini sangat jarang terjadi.

Nah, dari kekurangan dan kelebihan dua bentuk investasi di atas, terserah anda akan memilih yang mana. Tentunya sesuai dengan kondisi dompet anda.

Leave a Comment