Potensi Bisnis Property dan Rumah Kost di 6 Kota Ini

Pengusahakost.com – Potensi Bisnis Property dan Rumah Kost di 6 Kota Ini. Bicara soal bisnis kost, maka property tak bisa dilewatkan begitu saja. Sementara di tahun lalu, bisnis property agak lelet. Penyebabnya ada tiga macam : yakni adanya siklus properti yang datang setiap delapan tahunan, pesta demokrasi pemilihan umum – pilpres, dan juga kebijakan tentang loan to value.

Potensi Bisnis Property dan Rumah Kost di 6 Kota Ini

Menanggapi hal ini, Ishak Chandra, yang merupakan Managing Director dari Sinar Mas Land menyatakan wajar dan masuk akal. Namun demikian, jika menilik analisa dan data dari banyak lembaga survei asing/ internasional, ia masih memiliki keyakinan bahwa Indonesia tetap jadi prioritas penting untuk investasi. Mulai dari Asia hingga di Dunia.

Pertumbuhan populasi kelas menengah yang saat ini masih tersentral di Sumatra dan Jawa, secara langsung akan berdampak akan pada peta bisnis property di tanah air ke depannya.

Ishak menjelaskan, DKI Jakarta dan daerah di sekitarnya yakni Bekasi, Tangerang, Depok, dan juga Bogor bukan opsi satu-satunya dalam berinvestasi. Kota besar lain yang masuk dalam enam koridor pembangunan, masih berpotensi untuk digunakan sebagai opsi dalam berinvestasi. Keenamnya meliputi Makassar, Surabaya, Balikpapan, Medan, Samarinda dan Batam.

Ditambah lagi pada 2015 ini sudah masuk pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), maka arus modal akan masuk lebih deras dibanding sebelumnya. Kemitraan dengan pemodal asing adalah hal yang tak bisa dihindari dalam masa-masa ke depan.

Lantas, apa tantangannya? Tantangannya adalah hyper competitive market, biaya produksi yang makin tinggi, begitupun target pajak penghasilan, dsb.

Anda para pebisnis kost yang berada di antara 6 koridor pembangunan, siap – siap untuk mendapatkan aliran deras modal masuk dari luar negeri. Kita tunggu saja apa kebijakan resmi pemerintah dalam melindungi eksistensi bisnis rumah kost.

Leave a Reply