Serunya Berpetualang di Kota Malang

Malang adalah sebuah kota nomor dua terbesar di kawasan Jawa Timur setelah Surabaya, kota ini terletak di sebuah dataran tinggi sehingga beriklim sejuk dan nyaman. Kota Malang sudah ada sejak jaman dahulu dan menjadi saksi perubahan sejarah yang terjadi dari waktu ke waktu. Kerajaan Kanjuruhan dan Singosari dipercaya menjadi salah satu tonggak perkembangan kota Malang dijaman dahulu.

Sementara di era kolonial, kota Malang dibangun sedemikian rupa oleh bangsa Belanda agar bisa menjadi sebuah tempat tinggal dan istirahat yang nyaman dengan iklimnya yang sejuk. Salah satu peninggalan jejak Belanda di kota Malang yang bisa dilihat hingga saat ini Ijen Boullevard yang merupakan sebuah tempat tinggal yang eksklusif dengan semua fasilitas yang memadai.

Bisnis di kota Malang diantaranya ditopang oleh segmen Industri, Jasa dan Perdagangan. Namun berbeda halnya dengan kota besar lain, industri di kota Malang terdiri dari sebuah industri yang ditopang oleh industri kecil dan mikro, hal ini bisa terjadi karena di Malang banyak ditemukan berbagai industri kecil yang digalakkan masyarakatnya seperti industri rokok, garmen, makanan, rotan dan berbagai industri kerajinan kreatif.

Sementara untuk bisnis jasa dan perdagangan ditopang oleh kedudukan malang sebagai tempat wisata dan belajar sehingga memunculkan berbagai peluang bisnis untuk memenuhi kebutuhan para pelajar/mahasiswa serta wisatawan yang datang ke kota Malang.

Malang cukup banyak memiliki tempat tujuan pendidikan yang berkualitas baik, terkenal dan menjadi tujuan mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia. Universitas-universitas yang menjadi tujuan untuk menuntut ilmu itu adalah Universitas Brawijaya (UB), lalu ada Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malik Ibrahim). Untuk kampus swastanya ada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Merdeka Malang (UNMER), Universitas Ma Chung.

universitas brawijaya malang

Kampus Universitas Brawijaya yang asri dan sejuk.
Foto oleh Budi Putra

Sebagai sebuah kota yang terletak di dataran tinggi dan ditopang oleh iklim kota Malang yang sejuk membuat kota ini memiliki cukup banyak pilihan tempat wisata menarik banyak minat wisatawan dari luar kota. Tujuan wisata di yang pertama di Malang adalah Jatim Park 1 yang merupakan sebuah tempat rekreasi dengan lebih dari 36 wahana, Jatim park 1 pernah dinobatkan menjadi juara kategori wisata buatan berskala besar tingkat nasional.

Tujuan wisata yang kedua adalah kota Batu yang terletak 15 km sebelah barat kota Malang, kota ini memiliki iklim yang sejuk dengan udara yang bersih, Batu Night Spectacular adalah salah satu tujuan utama wisata kota ini. Untuk tempat wisata alam, Malang cukup memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Coban Rondo, Pulau Sempu dan Sendang Biru.

Batu Night Spectacular

Meskipun tidak berada di Kota Malang, Batu Night Spectacular atau BNS merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Malang.
Foto oleh Ikhlasul Amal

Tempat kost di Malang tersebar di berbagai tempat yang dekat dengan beberapa kampus terkenal di kota Malang, hal ini menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan kost dan hunian kota Malang yang memang tinggi, untuk memenuhi kebutuhan pengguna kost fasilitas kost di kota Malang juga beragam dari yang sederhana hingga yang mewah dari yang memiliki harga sewa terjangkau hingga yang mahal.

Leave a Reply