Surabaya, Cintaku Padamu Sepanjang Jembatan Suramadu

Surabaya adalah sebuah kota yang menjadi ibukota dari provinsi Jawa Timur, kota ini memiliki area yang sangat luas dengan kepadatan penduduk yang tinggi sehingga membuatnya menjadi kota nomor dua terbesar di Indonesia setelah Jakarta yang menempati urutan pertama. Nama kota Surabaya berasal dari sebuah mitos yang menghubungkan tentang sebuah pertempuran yang melibatkan sura (ikan hiu) dan baya (buaya), selain dijadikan nama ikan hiu dan buaya yang sedang bertarung juga dijadikan maskot kota Surabaya.

sura baya
Patung sura dan baya yang menjadi simbol kota Surabaya.
Foto oleh fox2mike

Kota ini sangat lekat dengan peristiwa sejarah dan perjuangan kemerdekaan Indonesia, hari pahlawan yang selalu diperingati setiap tanggal 10 November juga diambil dari sebuah peristiwa sejarah yang terjadi di kota ini, dimana saat itu pada tanggal 10 November 1945 masyarakat Surabaya dengan heroik bertempur dan mengalahkan pasukan Belanda yang berniat kembali menjajah Indonesia. Dengan banyaknya catatan sejarahnya, Surabaya pun sering disebut sebagai kota Pahlawan.

Sebagai sebuah daerah yang terletak strategis di kawasan Indonesia tengah dan timur, Surabaya menjadi salah satu roda penggerak utama perekonomian Indonesia bagian bagian tengah dan timur. Di kota ini terdapat sebuah industri galangan kapal yang di operasikan oleh PT. PAL Indonesia. Industri, perdagangan dan jasa adalah lini bisnis utama kota ini, untuk mendukung keberlangsungan bisnis di kota Surabaya, di Surabaya juga terdapat sebuah pelabuhan besar yang bernama Tanjung Perak yang memiliki kesibukan nomor dua di Indonesia setelah Tanjung Priok.

Selain dikenal sebagai sebuah kota yang sibuk dengan bisnis dan industri, kota Surabaya juga tercatat memiliki cukup banyak pilihan sekolah tinggi dan universitas yang berkualitas. Diantaranya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang merupakan satu dari dua institut terbaik di Indonesia. Lalu yang kedua adalah Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), UIn Sunan Ampel, Politeknik Pelayaran Surabaya, Petra, Universitas ciputra dan Stikom.

universitas airlangga
Universitas Airlangga. Di sinilah tempat lahirnya para dokter, ekonom dan pengacara hebat.
Foto oleh Adi Masnizar

Pariwisata kota Surabaya cukup beragam dari mulai pariwisata alam, religi hingga modern. Untuk pariwisata Religi terdapat sebuah tempat bernama Ampel yang merupakan sebuah tempat yang menjadi awal penyebaran Islam di tanah Jawa, tujuan wisata Surabaya lainnya adalah kebun binatang Surabaya yang berisi berbagai macam binatang yang berasal dari berbagai negara dan daerah.

Lalu ada jembatan Suramadu yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura, dari kejauhan saat malam hari Jembatan ini akan terlihat sangat indah dengan taburan lampu yang semarak. Pilihan wisata lainnya adalah wisata kuliner Surabaya yang terkenal khas dan enak.

jembatan suramadu
Jembatan Suramadu, ikon baru Surabaya kota metropolitan.
Foto oleh deshi yin

Tempat kost Surabaya cenderung menyebar di berbagai tempat baik kawasan kampus maupun pusat industri dan perdagangan. Tumbuhnya industri di kota Surabaya yang mendorong datangnya imigran yang bekerja, serta datangnya berbagai mahasiswa untuk menuntut ilmu membuat tempat kost di Surabaya tumbuh dengan pesat menawarkan berbagai pilihan kost sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Comment