Tips Anti Gagal Memulai Bisnis Kost

Sewakost.com – Manisnya Peluang Bisnis Sewa Kost. Kebanyakan orang sadar mengenai keuntungan dari bisnis sewa kost ini. Namun tak sedikit pula yang enggan segera memulai lantaran modal awal yang diperlukan tak sedikit.

Manisnya Peluang Bisnis Sewa Kost

Di sewakost.com kami menyediakan segala informasi mengenai kamar kost kepada Anda baik secara perorangan maupun kelompok. Informasi kost tersebut ada yang bisa dibayarkan pada tiap bulan, tiap minggu maupun per hari. Anda tinggal memilih area atau kawasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari area pabrik, perkantoran, kompleks toko ataupun di area pendidikan seperti sekolah dan kampus, kami siap menginformasikannya kepada anda.

Memulai bisnis rumah kost sebenarnya sangat mudah. Kenapa demikian? Karena selain tak butuh banyak tenaga, usaha ini juga cocok bagi anda yang sangat sibuk.

Secara sederhana, anda tinggal mempersiapkan satu atau beberapa kamar, perabotan utama untuk mengisi kamar, dan juga tenaga sebanyak 1 hingga 2 orang yang bertugas untuk merawat sekaligus menjaga tempat kost tersebut. Usahakan memiliki banyak kamar agar income per bulan dari kost juga besar.

Persiapan awal yang diperlukan untuk memulai bisnis kost

  1. Memilih lokasi yang tepat

Langkah awal dalam memulai bisnis sewa kost, carilah peluang lokasi/ tempat yang kiranya tepat dan sangat strategis yang dekat dengan area perkantoran, pabrik, pertokoan, sekolah ataupun kampus. Untuk ini tak harus sebelahan, asalkan mudah dijangkau baik dengan jalan kaki atau dengan menggunakan kendaraan.

  1. Mengurus izin

Izin adalah hal terpenting dalam bisnis sewa kost. Usahakan untuk mengurus perizinan sebelum membukanya. Sebagai langkah awal anda bisa segera menghubungi pihak RT/RW tempat usaha kost anda akan berdiri.

  1. Kondisi fisik bangunan dan juga perlengkapannya
  • Memasang fasilitas seperti listrik, air, dan juga kamar mandi (dalam atau luar).
  • Menyiapkan kamar dengan ukuran standart dan nyaman, yang tak terlalu sempit.
  • Menyiapkan segala fasilitas kamar yang meliputi dipan tempat tidur, almari, juga meja – kursi.
  • Lalu fasilitas pendukung sebagai nilai ‘plus’ bagi kost anda. Seperti misalnya ruang dapur, ruang tamu, line telepon, koneksi internet dan juga televisi kabel/satelit (jika dirasa perlu).
  1. Menyiapkan segala peraturan yang akan diberlakukan di dalam kost kita

Ini penting agar segalanya berjalan sesuai dengan peruntukannya. Seperti soal batas penggunaan listrik, batas waktu bagi tamu yang datang malam hari /menginap, deadline dalam pembayaran uang sewa kost, dsb.

  1. Menentukan besaran tarif kost yang didasarkan pada pasaran harga pada umumnya, kelengkapan fasilitas dan juga kualitas pelayanan. Prinsipnya, ada uang ada kualitas.
  2. Jika dirasa perlu, anda bisa meminta data lengkap para penghuni kost yang berupa fotocopy KTP atau identitas lainnya sebagai arsip Anda dan laporan ke pihak RT/RW.
  3. Melakukan rekrutmen tenaga yang bertugas untuk mengelola kost, membersihkan kost dan juga menjaga keamanan kost.

Nah, sampai di sini sudah ada bayangan bukan? Jika ternyata memulai bisnis sewa kost tidak serumit seperti yang dibayangkan. Dalam memulai usaha sewa kost, intinya sama saja dengan bisnis yang lain yakni tidak akan berjalan sukses jika tak segera dimulai. Asalkan semua faktor – faktor tadi dijalankan dengan seksama, pasti akan menghasilkan buah yang manis.

Lihatlah para juragan kost, mereka bisa menikmati waktunya dengan berkumpul bersama keluarga tanpa harus khawatir dengan income-nya. Apakah anda tidak tertarik untuk juga bisa seperti demikian?

Leave a Comment